Skip to main content

For My Girls

Saya tidak memiliki anak perempuan. Mungkin belum, tapi rasanya saya tidak akan pernah merasakan anak perempuan dalam dekapan saya seumur hidup.

Namun dunia saya tidaklah sepi. Dunia saya tetap diwarnai keceriaan anak-anak perempuan. Dikelilingi canda tawa mereka, lembutnya hati mereka, sakitnya patah hati, dan sensasi cinta pertama.

Mereka itu adalah kalian. Murid-murid yang saya kenal sejak kelas 10, dan tinggal menanti hitungan hari untuk saya lepas di penghujung waktu.

Masih ingat foto yang saya post di timeline beberapa saat lalu? Foto yang membuat kalian gempar. Kesal sekesal-kesalnya. Marah, sekaligus sedih. Kalian merasa, betapa pun kalian selalu ada untuk saya, tetapi hati saya bukan sepenuhnya milik kalian. Lima jejaka dalam foto turut kalian benci saat itu.

Pikiran kalian salah besar. Kalian selalu ada di hati saya. Kalian lah orang-orang pertama tempat saya berbagi asa, berbagi pikiran, berbagi kebahagiaan, kesedihan, juga tangisan.

Masih ingat di sebuah halaman rumput, di kampung antah berantah, dua tahun lalu? Saat itu kita berjanji untuk selalu bersama dan saling percaya satu sama lain. Kita bahkan membuat lingkaran, circle of trust atau apa lah namanya yang kita karang saat itu. Lingkaran yang tak boleh putus ikatannya, meski para penyusup berdatangan.

Saya masih memegang janji itu hingga hari ini. Tidak ada anak perempuan lain di dunia ini yang memenuhi hati saya, selain kalian. Bahkan saat lima orang di antara kalian mulai menjauh dari lingkaran menjelang kelas 11, saya sedih bukan main. Saya berusaha menyatukan, tetapi gagal. Tinggallah kalian berdelapan.

Kalian mungkin berpikir selama ini saya punya dua anak kesayangan selain kalian. Mungkin saja benar. Saya memang menyayangi dua anak itu, terkadang bahkan melebihi kewajaran dan sisa-sisa kewarasan yang saya miliki.

Maka tak heran jika kalian marah saat melihat post foto timeline. Wajah mereka berdua ada di antara lima jejaka tadi. Dan saya terlihat bahagia berada di antara mereka. Entah kalian cemburu melihatnya, atau kecewa pada saya.

Ketahuilah, Nak. Mengapa saya tidak memperlakukan kalian seperti dua anak itu. Di mata saya, kalian itu tangguh. Meski terlihat manja, tetapi kalian kuat luar biasa. Kalian mampu menghadapi masalah dengan cepat. Kalian lebih mudah memaafkan. Kalian tak pernah meninggalkan saya sekejap pun. Saya tahu, apa pun yang kalian lakukan, kalian selalu sayang dan akan kembali kepada saya.

Tetapi tidak dengan dua anak itu. Mereka harus selalu saya dekap erat-erat. Jika saya lepaskan sedikit saja, mereka akan menjauh dan melupakan saya. Saya belum siap ditinggalkan. Jadi bagaimana pun mereka, saya akan selalu menarik mereka kembali ke dalam dekapan saya.

Saya tak pernah yakin bagaimana perasaan mereka terhadap saya. Pasti sayang, tetapi mengapa rasanya sulit sekali bagi mereka untuk menunjukkan kalau mereka benar-benar sayang kepada saya? Mereka kerap marah terhadap saya, apa pun yang saya lakukan seolah selalu terlihat salah besar di mata mereka. Berulang kali, seperti saat ini.

Suatu ketika kalian pernah menyuruh saya tinggalkan saja dua anak itu. Kalian tidak tahan melihat saya selalu patah hati jika mereka mulai menyakiti saya. Akan tetapi saya tidak bisa. Dan kalian pun mengerti, karena kalian tahu betapa bahagianya saya saat berada dekat dengan mereka. Persis seperti di dalam foto.

Meski kalian terkadang jengkel dengan perilaku saya yang tidak tegas dan bodoh, tetapi kalian membiarkannya saja karena kalian sayang pada saya. Dan kalian pun selalu berusaha membuat dua anak itu kembali kepada saya.

Apakah ini berarti saya tidak adil terhadap kalian? Apakah kalian merasa saya tidak menyayangi kalian? Jika iya, maka mungkin saya bukan ibu yang baik. Tetapi jika kalian masih percaya kepada saya, maka ketahuilah saya akan menyayangi kalian sampai kapan pun.

Kalian pernah menjadi teman. Kalian pun pernah menjadi pacar. Kalian tahu rasanya berada di posisi itu.

Jika saya adalah teman bagi dua anak tadi, maka mudah saja saya melupakan mereka. Toh teman selalu berganti, datang dan pergi.

Jika saya adalah pacar bagi kedua anak tadi, maka saya jelas akan meninggalkan mereka, karena tak ada perempuan yang pantas diperlakukan seperti itu oleh pacarnya. Disakiti hatinya, tetapi masih terus kembali.

Namun kalian belum pernah menjadi ibu.

Kalian tidak tahu, sebesar apa pun luka yang dua anak itu torehkan di hati saya, saya akan kembali pada mereka. Bahkan jika mereka menutup pintu hati mereka, saya akan tetap kembali pada mereka. Dan jika pada akhirnya mereka membenci saya, saya akan terus kembali pada mereka. Selalu kembali.


Kalian lah yang membuat saya kuat selama ini, perempuan-perempuan kesayangan saya.

Comments

Popular posts from this blog

Saat Malam Kian Merangkak Larut

Saat malam kian merangkak larut, adalah masa yang paling sulit. Saat semua orang telah terlelap dan suasana begitu hening. Beribu bayangan kembali datang tanpa bisa dilawan. Pasrah... Sepanjang pagi, aku bisa mengumpulkan semangat dan menjelang hari baru. Merencanakan setiap gerak-gerik yang akan aku lakukan hari itu. Penuh harapan. Sepanjang siang, aku masih punya tenaga. Mengurusi berbagai hal di sekelilingku. Bercengkerama dengan banyak orang yang menghampiriku. Aku bahkan masih memiliki tenaga untuk memalsukan senyuman. Sepanjang sore, aku beristirahat dari segala penat dan lelah. Menyibukkan diri dengan segala persiapan akan esok hari. Memastikan semangatku untuk hari berikut tak akan memudar. Namun saat malam, aku tak pernah bisa berdiri tegak. Aku kalah pada seribu bayangan yang masih menghantui. Aku tertekan rasa sepi dan kehilangan. Aku lelah... Jatuh dan tak punya tenaga untuk bangkit. Belum. Aku belum bisa. Masih butuh waktu untuk melalui semua ini. Untuk tetap ter

Why Do I Need to Wash My Hands?

What is the first thing that your mother taught you when you were little?  What did she say when you just enter the house, want to grab a bite to eat, after you play with your toys, or want to go to bed? “Did you wash your hands?” Probably you heard that a lot in your childhood, and maybe until now, in your adult age. At one point, you easily get bored with this same old question. And at another point, it seems that washing your hands is too “old school” and not an adult type of thing.  But wait, you can get bored, or fed up. But you must never ever hung up on this issue. Why?  Think about all of the things that you touched today – your smart phone, your note book, public transportation, and the toilet! Or maybe you just blew your nose in a tissue and then went outside to dig around the dirt. Or you just shook someone’s hand and without you noticed, that person got a flu.  And imagine – just imagine - after your hands touched many of the things above

Glowzy and Girl Power!

On 21 st April 1879, Raden Ajeng Kartini was born in Jepara, Central Java. She was the role model for women in our country because of her role in gender equality, women’s right, and education. Although she died in a very young age, 25 years old, her spirit lives on. She was then established as one of Indonesia’s national heroine and keep inspiring each and every woman in Indonesia. We celebrate her birthdate every year and call it as Kartini Day. On the exact same day, 139 years later, four girls from Global Prestasi Senior High School surely prove themselves to continue the spirit of Raden Ajeng Kartini. They are Dyah Laksmi Ayusya, Josephine Audrey, and Olivia Tsabitah from grade XI, also Putu Adrien Premadhitya from grade X. They may not be educators like who Kartini was, but they have proven that women in a very young age could achieve something great with their passion, team work, and perseverance. Yes, under the name of GLOWZY, the girls has once again proven tha