Skip to main content

Segenggam Pengalaman dan Kearifan Lokal dalam Local Immersion




Ada beragam cara melatih kemandirian sekaligus mengenalkan sisi kehidupan yang sarat kearifan lokal dan kebersahajaan kepada siswa. Salah satunya melalui kegiatan Local Immersion yang baru saja dilaksanakan 89 siswa kelas 11 SHS GPS pada tanggal 4-9 Oktober 2015 lalu di Desa Buntu, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dihelat tahunan tersebut kali ini mengambil tema Let’s Learn Local Wisdom Through Social Experiences. Para siswa memang dikenalkan pada budaya setempat yang sama sekali berbeda dengan keseharian mereka.Para siswa juga ditempa dengan beragam kegiatan serta pengalaman yang bagi penduduk desa merupakan hal biasa, namun bagi mereka menjadi hal yang tak terlupakan.

Kegiatan bermula pada hari Minggu, 4 Oktober 2015. Rombongan yang dikepalai Mr. Arif Suryono ini bertolak dari GPS tepat pukul 16.30, dengan harapan tiba di Desa Buntu tepat pada Senin pagi agar para siswa dapat langsung  berkenalan dengan keluarga asuh mereka dan memulai aktivitas.

Dan benar saja. Rombongan tiba di Desa Buntu pada pukul 3 dini hari, bahkan di saat sebagian besar warga masih terlelap dalam tidurnya. Namun saat fajar mulai merekah, kegiatan pun langsung dimulai tanpa ada kendala apa pun.



Pada hari pertama, Senin, 5 Oktober 2015, para siswa mengikuti kegiatan di keluarga asuhnya. Setiap keluarga “mengasuh” dua siswa selama Local Immersion. Setiap siswa dipasangkan dengan siswa dari kelas lain agar para siswa batch 10 ini menjadi lebih lebur dan kompak.

Pagi hari itu, mereka pergi berladang. Aktivitas mata pencaharian masyarakat Desa Buntu yang utama adalah berladang. Sepagian itu para siswa melihat bagaimana rupa ladang, menanjak hingga satu kilo untuk mencapai ladang dengan berjalan kaki, memetik cabai, kentang, bahkan membuat pupuk secara alami.

Aktivitas dilanjutkan sore hari dengan mengunjungi rumah-rumah warga sembari mengumpulkan data sosial ekonomi. Setiap siswa dengan pasangan serumahnya mewawancarai beberapa kepala keluarga untuk mengetahui bagaimana kehidupan warga Desa Buntu dilihat dari sudut pandang sosial dan ekonomi. Hasil wawancara kemudian dibuat dalam bentuk laporan, lengkap dengan analisa mereka.

Hari kedua, Selasa, 6 Oktober 2015, para siswa dibagi ke dalam dua kelompok besar. Kelompok pertama mendapatkan tugas mengajar anak-anak SD Buntu 2 yang letak sekolahnya kurang lebih 2 kilo dari Desa Buntu. Sebuah pemandangan menakjubkan menjadi latar SD Buntu 2, pegunungan yang hijau diselimuti pepohonan dan dikelilingi ladang serta kebun dengan aneka tanaman. Rasanya hotel berbintang lima pun tak mampu menangkap pemandangan seindah ini.



Di sekolah tersebut, para siswa mengajar Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan ICT. Mereka berkreasi dengan cara mengajar yang diselipkan berbagai permainan, canda tawa, dan keseriusan tersendiri. Di sela-sela mengajar, beberapa siswa sempat merenung betapa tak mudahnya berdiri di depan kelas dan menghadapi sekian banyak anak.

Setelah mengajar, mereka mengecat 12 tong sampah dengan aneka warna. Tong sampah tersebut disumbangkan secara simbolis kepada perwakilan Desa Buntu 2 guna menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan asri.



Kelompok kedua mendapatkan tugas bertandang ke Kelurahan Kejajar. Mereka berkenalan dengan sekretaris desa dan mendapatkan pengarahan tentang bagaimana menjalankan organisasi desa. Para siswa pun secara aktif melakukan tanya jawab dan diskusi interaktif dengan sekretaris desa.

Usai dari Kelurahan, para siswa di kelompok kedua ini mendapatkan proyek membuat perpustakaan mini alias taman bacaan di Gereja Katolik Ibu Marganingsih yang terletak tepat di tengah Desa Buntu. Mereka mendekorasi ruangan, melabeli buku-buku, serta menghibur para pengunjung cilik dengan pembacaan dongeng dan aneka permainan yang bertujuan membudayakan gemar membaca sedini mungkin.

Sore harinya merupakan ajang yang ditunggu-tunggu bagi para siswa laki-laki. Pasalnya, mereka akan bertanding voli, bulu tangkis, dan sepak bola dengan para pemuda Desa Buntu. Sudah dua tahun berturut-turut, SHS GPS melalui angkatan 8 dan angkatan 9, terpaksa mengaku kalah di lapangan hijau dengan para pemuda setempat. Namun untuk pertama kalinya, tim sepak bola angkatan 10 yang dikomandoi oleh Farel Andaresta, kelas XI Business1, mampu mengukir sejarah dengan memenangi pertandingan sepak bola dengan skor 5-4. Selamat!



Hari ketiga, Rabu, 7 Oktober 2015, kegiatan dimulai dengan aktivitas kebersamaan, yakni bermain kasti dan benteng di lapangan luas yang berlatar gunung nan indah. Teriknya matahari dan sejuknya angin menemani para siswa bersenda gurau layaknya mereka masih kanak-kanak.

Aktivitas utama hari itu adalah menyelenggarakan bazaar sembako dan pakaian murah bagi warga Desa Buntu. Para siswa dibagi ke dalam 7 kelompok berdasarkan rumah yang berdekatan, lalu mereka harus menjual sembako dan pakaian murah sekreatif mungkin agar para warga mau membeli. Kelompok yang mendapatkan profit paling tinggi, didaulat menjadi juara.



Malam harinya, para siswa menutup acara dengan pentas seni yang telah mereka persiapkan satu bulan sebelumnya. Lady Catherine, siswa kelas XI Science1, adalah sutradaranya. Catherine merancang teater bertema perpaduan dua budaya, lengkap dengan selipan tari kontemporer, tari saman, musik gamelan, musik akustik, dan musik modern yang semuanya dimainkan dengan apik oleh para siswa. Dalam pentas seni tersebut, para siswa juga berkesempatan menyaksikan kesenian Jatilan yang memang khas dari daerah Wonosobo.

Hari keempat, Kamis, 8 Oktober 2015, para siswa berekreasi mengunjungi kawasan wisata Dieng yang terkenal dengan pemandangan indah dan udara dinginnya. Rekreasi ini sekaligus merupakan penghujung kegiatan Local Immersion. Saat hari mulai gelap, rombongan kembali melakukan perjalanan menuju Bekasi dan tiba dengan selamat hari Jumat, 9 Oktober 2015, pukul 8 pagi.


Tak mudah menuliskan pengalaman yang begitu menyenangkan ini. Setiap siswa tentu memiliki kenangan dan kisahnya sendiri. Satu hal yang pasti, mereka kembali ke sekolah tercinta berbekal sebuah pelajaran dan pengalaman berharga yang telah mereka peroleh dari sebuah desa di penghujung kaki gunung, bernama Desa Buntu.


Comments

Popular posts from this blog

Saat Malam Kian Merangkak Larut

Saat malam kian merangkak larut, adalah masa yang paling sulit. Saat semua orang telah terlelap dan suasana begitu hening. Beribu bayangan kembali datang tanpa bisa dilawan. Pasrah... Sepanjang pagi, aku bisa mengumpulkan semangat dan menjelang hari baru. Merencanakan setiap gerak-gerik yang akan aku lakukan hari itu. Penuh harapan. Sepanjang siang, aku masih punya tenaga. Mengurusi berbagai hal di sekelilingku. Bercengkerama dengan banyak orang yang menghampiriku. Aku bahkan masih memiliki tenaga untuk memalsukan senyuman. Sepanjang sore, aku beristirahat dari segala penat dan lelah. Menyibukkan diri dengan segala persiapan akan esok hari. Memastikan semangatku untuk hari berikut tak akan memudar. Namun saat malam, aku tak pernah bisa berdiri tegak. Aku kalah pada seribu bayangan yang masih menghantui. Aku tertekan rasa sepi dan kehilangan. Aku lelah... Jatuh dan tak punya tenaga untuk bangkit. Belum. Aku belum bisa. Masih butuh waktu untuk melalui semua ini. Untuk tetap ter

Why Do I Need to Wash My Hands?

What is the first thing that your mother taught you when you were little?  What did she say when you just enter the house, want to grab a bite to eat, after you play with your toys, or want to go to bed? “Did you wash your hands?” Probably you heard that a lot in your childhood, and maybe until now, in your adult age. At one point, you easily get bored with this same old question. And at another point, it seems that washing your hands is too “old school” and not an adult type of thing.  But wait, you can get bored, or fed up. But you must never ever hung up on this issue. Why?  Think about all of the things that you touched today – your smart phone, your note book, public transportation, and the toilet! Or maybe you just blew your nose in a tissue and then went outside to dig around the dirt. Or you just shook someone’s hand and without you noticed, that person got a flu.  And imagine – just imagine - after your hands touched many of the things above

Glowzy and Girl Power!

On 21 st April 1879, Raden Ajeng Kartini was born in Jepara, Central Java. She was the role model for women in our country because of her role in gender equality, women’s right, and education. Although she died in a very young age, 25 years old, her spirit lives on. She was then established as one of Indonesia’s national heroine and keep inspiring each and every woman in Indonesia. We celebrate her birthdate every year and call it as Kartini Day. On the exact same day, 139 years later, four girls from Global Prestasi Senior High School surely prove themselves to continue the spirit of Raden Ajeng Kartini. They are Dyah Laksmi Ayusya, Josephine Audrey, and Olivia Tsabitah from grade XI, also Putu Adrien Premadhitya from grade X. They may not be educators like who Kartini was, but they have proven that women in a very young age could achieve something great with their passion, team work, and perseverance. Yes, under the name of GLOWZY, the girls has once again proven tha