Skip to main content

Lima Business Satu Lucu-Lucu...

Ada yang menggelitik setiap saya mendengar nama kelas ini disebut. Lima Business Satu. 5 Bs1. Oh, saya bukan homeroom mereka. Sama sekali bukan. Saya bahkan bukan homeroom kelas 12 atau kelas mana pun tahun ajaran ini. Akan tetapi, tetap saja kelas ini menggelitik.

Di kelas yang berawak 21 anak ini, saya menghabiskan waktu paling panjang dalam satu minggu dibandingkan kelas 12 lainnya. Bayangkan, delapan jam per minggu! Delapan jam yang dibagi menjadi tiga hari, dengan satu hari istimewa di mana saya harus bertatap muka dengan anak-anak ini selama empat jam sekaligus. Oh, Tuhan tolong saya!

Sebenarnya kelas ini cukup menyenangkan. Saya bangga bisa mengajar di kelas ini karena untuk pertama kalinya saya mengajar mata pelajaran Sosiologi di kelas 12. Pelajaran UN, lho! Apalagi ada materi Metode Penelitian Sosial dan menjadi pembimbing utama bagi anak-anak dalam menyusun tugas akhir. Bersanding dengan guru Sosiologi senior yang telah memiliki pengalaman mengajar selama 23 tahun.

Akibat sistem SKS yang diterapkan sekolah, Sosiologi untuk kelas 12 di semester 5 dijadwalkan menjadi enam jam. Alhasil, tiga hari saya harus mengajar Sosiologi di kelas mereka. Dan bukan hanya itu saja. Tahun ajaran ini, mata pelajaran Civics untuk kelas 12 dikembalikan kepada saya – setelah tahun ajaran lalu saya hanya mengajar Civics untuk kelas 12 Business. Itu berarti tambahan dua jam untuk Civics di kelas 5 Bs1.

Saya memang tidak pintar matematika, tetapi seingat saya sampai sekarang enam ditambah dua sama dengan delapan. Delapan jam yang panjang di 5 Bs1.

Anak-anak di kelas 5 Bs1 baik-baik. Perempuan-perempuannya kelihatannya sedikit mengalami kesulitan menyatu di awal terbentuknya kelas. Abigail, Akasya, Amel, Mitha, Fadiah, Karin, Liza, Marcella, Ara, Priska, dan Sonia. Semuanya cenderung diam karena mungkin merasa semasa kelas 11 mereka tidak bermain bersama dan terpisah dari peer groupnya.

Namun belakangan ini saya melihat mereka setidaknya sudah duduk di bagian tengah kelas bersama-sama dan membentuk forum obrolan entah apa sehingga beberapa kali mereka harus saya tegur agar kembali konsentrasi ke pelajaran yang tengah saya terangkan.

Lalu anak-anak lelakinya. Hmm, entah mulai dari mana. Ketua kelasnya, Rama, tadinya adalah tumpuan harapan saya dalam mengkondisikan kelas agar selalu siap belajar. Rupanya ekspektasi saya terlalu tinggi. Rama malah sibuk mencuri waktu untuk tidur di sela-sela pelajaran. Jika tidak tidur, dia sibuk mengobrol dengan Kez. Rama dan Kez tidak terpisahkan sejak kelas 11.  Untung nilai-nilai test mereka selalu aman. Jadi saya masih agak memaklumi dan semoga selalu sabar.

Keanji dan Singgih juga tak terpisahkan sejak kelas 11. Sisa-sisa kejayaan gerombolan tukang bolos dari 4 Bs3 masih bertahan di kelas ini. Mereka memang kebanyakan hanya mengobrol berdua, tidak berbaur dengan yang lain. Namun itu sudah cukup untuk membuat mereka tidak memperhatikan pelajaran sama sekali.

Demikian pula dengan Indra dan Sandy. Sisa-sisa geng iseng dari 4 Bs1. Akan tetapi kali ini mereka tak hanya berdua. Mereka  melebarkan sayap pertemanan dalam kelas dan menggabungkan kekuatan dengan anggota “kaum munafik” 4 Bs2, Adrian, Asep, dan Handyo. Dan mereka lah biang kegaduhan yang harus saya hadapi selama delapan jam setiap minggunya.

Saya tidak mengerti nasib baik apa yang menimpa Adrian, Asep, dan Handyo. Pasalnya sejak kelas 10 hingga kini mereka selalu berada dalam satu kelas. Hal ini tentu saja membuat kekompakkan mereka semakin menjadi

Apalagi Adrian, setiap kali saya menerangkan sesuatu, ia pasti menimpalinya dengan lelucon yang sebenarnya tidak lucu tetapi selalu membuat saya tertawa. Barusan saja pada saat presentasi Sosiologi, ia meniru pose masyarakat suku Batak yang tengah berkacak pinggang di atas tangga rumah panggung. Ia melakukannya sambil naik ke atas kursi. Menyebalkan.

Asep tidak jauh berbeda dengannya. Selalu saja ribut. Apalagi suaranya itu, lho. Stereo maksimal. Saya pusing tujuh keliling dibuatnya. Saya pernah bilang, “Adrian, Asep, Handyo, coba deh kalian jadwalkan sakit dan tidak masuk selama seminggu bersama-sama. Pasti kelas ini akan terasa lebih damai.” Sepertinya sampai kiamat hal itu tidak akan pernah mereka lakukan.

Lalu ada Indra yang di kelas 12 ini bertambah saja ulahnya. Pakai seragam asal-asalan, tidak pernah mencatat, post di path kalau ia sedang berada di kolong Menara Saidah, putar balik Pancoran bersama saya, dan seribu satu ulah lainnya. Terakhir saya omeli dia, dia malah bernyanyi lagu Lengsir Wengi. “Heh, memangnya kamu kira saya kuntilanak?!” teriak saya sebal.

Ah, saya hampir lupa Egmont. Ini anak cukup eksentrik. Sepertinya dia tidak bisa terlalu gabung dengan siapa-siapa di kelas itu. Bukan berarti ia tak punya teman. Jika saya biarkan ia duduk di belakang bersama dengan Sandy dan Indra, pasti kelas akan bertambah gaduh. Akhirnya saya paksa saja ia duduk di depan, tepat di hadapan meja guru. Anehnya, walau seorang diri pun ia tetap saja bisa ribut.


5 Bs1 memang bukan kelas paling ribut yang pernah saya ajar. Mereka jauh lebih membuat pusing saat masih kelas 11. Namun di antara kelas 12 Business, kelas ini lah yang paling membuat saya tergelitik. Mungkin karena anak-anak lelakinya yang ajaib, mungkin juga karena saya paling banyak menghabiskan waktu di kelas ini. Lima business satu lucu-lucu...

Comments

Popular posts from this blog

(Promo Video) Not an Angel, a Devil Perhaps

Dear friends, family, students, and readers, This is a video promotion for my 1st ever novel: Not an Angel, a Devil Perhaps I wrote it in a simple chicklit style, but the conflict and message are worth to wait. Unique, and not too mainstream. If I could start a new genre, probably it will be Dark Chicklit or what so ever. I will selfpublish Not an Angel, a Devil Perhaps  with one of Jakarta's indie selfpublish consultant in a couple of month. Just check out the date and info from my blog, twitter, facebook, or blackberry private message. Please support literacy culture in our country. Wanna take a sneak peak of my novel? Check out this video! Cheers, Miss Tya

Pahlawan & Kita: Sebuah Perayaan Bersama Para Alumni

  Hari ini, 10 November 2020, para siswa SMA Global Prestasi mendapatkan satu pertanyaan ketika Student’s Assembly . Sebuah pertanyaan yang sederhana, namun memiliki makna mendalam, karena bertepatan dengan perayaan Hari Pahlawan: “Siapakah pahlawan di dalam kehidupanmu?” Berbicara soal pahlawan, mungkin dibenak para siswa SMA Global Prestasi yang terlintas adalah para tokoh pejuang, seperti Soekarno, Hatta, Syahrir, atau bahkan Bung Tomo sendiri yang 75 tahun silam di hari yang sama mengobarkan semangat para pemuda Surabaya dalam orasinya. Akan tetapi, ketika ditanya mengenai siapa sosok pahlawan dalam kehidupan pribadi, setiap siswa punya jawaban yang tak jauh berbeda; yakni orang tua dan para guru yang telah membimbing dan menginspirasi sepanjang kehidupan mereka. Mengusung tema “Pahlawan & Kita” yang menyiratkan bahwa sosok pahlawan ternyata ada di kehidupan sekitar kita, tahun ini SMA Global Prestasi kembali mengenalkan para siswanya kepada lulusan-lulusan terbaik yang...

Berhenti Berbicara, Mulailah Menari!

  “Cara untuk memulai adalah berhenti bicara dan mulai melakukan.” Kata-kata sederhana itu entah mengapa tak pernah bisa lepas dari alam pikiran saya. Meskipun sang penuturnya telah lama berpulang, bahkan puluhan tahun sebelum saya dilahirkan. Walt Disney, sosok yang bagi saya mampu mewujudkan alam mimpi menjadi nyata dan menyenangkan. Sebagai seorang pendidik, berbicara merupakan makanan sehari-hari bagi saya. Di depan kelas – kelas virtual sekalipun, saya dituntut untuk terus berbicara. Tentu bukan sekedar asal bicara, melainkan menuturkan kata-kata bijak yang bersifat membimbing, memperluas pengetahuan, memperkaya wawasan, dan mengembangkan karakter anak-anak didik saya. Tidak sehari pun saya lalui tanpa berbicara penuh makna sepanjang 10 tahun saya menjadi seorang pendidik. Apa saja yang saya bicarakan? Tentunya banyak dan tak mungkin muat dalam 500 kata yang harus saya torehkan di sini. Namun salah satu yang saya tak pernah berhenti lantunkan kepada anak-anak didik adalah ...