Skip to main content

Melebur Stereotipe dan Prasangka di Sekolah

Suatu sore selepas jam pulang sekolah, blackberry messenger saya berdenting. Sebuah pesan yang tidak singkat datang dari salah satu anak didik saya. “Miss, masa tadi siang ada guru yang tiba-tiba tanpa alasan jelas, berkata di depan kelas bahwa anak-anak IPS adalah anak-anak yang pemalas. Saat saya protes, guru itu tetap ngotot pada pendiriannya. Menurutnya, anak-anak IPA lebih pintar dan rajin,” kata anak tadi dalam pesannya.

Di belakang pesan tersebut, ia selipkan emoticon yang menampilkan wajah marah dan menangis. Kelihatannya ia kesal.

Wajar jika murid saya itu menyatakan keberatan. Ia sendiri adalah murid yang duduk di kelas IPS dan merasa bahwa selama ini berkelakuan cukup baik. Nyaris tidak pernah lalai mengerjakan tugas, hormat pada guru, dan nilai-nilainya pun tak pernah merah.

Sepanjang pengalaman saya mengajar anak itu dua tahun belakangan, ia memang tak pernah bermasalah. Ia bahkan termasuk salah satu anak yang menonjol dalam pelajaran bahasa Inggris. Kerap dikirim sekolah untuk lomba menulis atau debat bahasa Inggris.

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya harus bergelut dengan perbedaan pendapat antara IPA dan IPS semenjak berprofesi sebagai guru. Perbedaan yang sama sekali bukan berdasarkan ilmu yang diajarkan kedua kelompok mata pelajaran ini, akan tetapi perbedaan berdasarkan stereotipe semata.

Ada anggapan yang beredar di dalam masyarakat bahwa anak-anak IPA memang lebih pintar, rajin, sopan, namun kaku seperti robot. Sebagai kontra, anak-anak IPS dikatakan lebih malas, nakal, nilai akademis rendah, namun kreatif dan selalu bersenang-senang. Benarkah demikian?

Perbedaan antara IPA dan IPS ini sama sekali bukan barang baru. Bahkan sejak saya masih duduk di bangku SMA, sekira 13 tahun lalu, stereotipe di antara keduanya ini sudah berlaku. Saya yang kebetulan termasuk anak IPS dianggap salah masuk kelas di hari pertama sekolah. Beberapa guru menyayangkan pilihan saya di IPS dan beberapa teman bingung mengapa saya tidak bergabung dengan mereka di kelas IPA.

Saya memang bukan murid dengan prestasi akademis cemerlang, tetapi kemampuan saya masih di atas rata-rata. Saya juga bukan tergolong anak yang punya daya kreativitas tinggi, nakal, atau gaul istilah kerennya.

Berdasarkan karakter saya itu, rupanya guru-guru dan beberapa teman sudah menempatkan saya di kelas IPA dalam benak mereka. Tetapi saya merasa bahwa kemampuan saya di bidang IPS jauh lebih unggul ketimbang IPA. Saya lebih tekun dan senang membaca, menulis, mengobservasi, atau menganalisis daripada harus berkutat dengan rumus dan angka. Saya merasa yakin pada pilihan ini.

Pengkotak-kotakan IPA dan IPS bukan dari segi ilmu, melainkan dari segi dugaan dan generalisasi, macam kasus saya dan murid saya tadi, dalam ilmu sosial disebut sebagai stereotipe.

Stereotipe adalah konsep keyakinan mengenai tipe-tipe spesifik individual tertentu. Keyakinan di dalam stereotipe terbangun dari asumsi semata. Misalnya saja, stereotipe polisi di Amerika Serikat adalah selalu identik dengan kopi dan donat. Maka tak heran jika dalam film-film drama seri polisi, pastilah ada adegan polisi berpatroli sembari meminum kopi dan mengunyah donat.

Di Indonesia, contoh stereotipe yang paling jelas biasanya berkaitan dengan karakter suku bangsa tertentu. Misalnya, perempuan dari suku bangsa Sunda memiliki stereotipe matre dan genit, orang Manado gemar berpesta, orang Padang pelit, atau orang Jawa terlalu bertele-tele dan tertutup. Semua itu tentu tidak bisa dipastikan kebenarannya secara ilmiah, tetapi mau tak mau kita harus mengakui bahwa pandangan-pandangan macam ini berkembang luas dalam masyarakat.

Pada tahapan lebih lanjut, stereotipe dapat berkembang menjadi diskriminasi dan menimbulkan prasangka. Prasangka merupakan sikap kaku dan tidak beralasan yang menilai orang atau kelompok lain berdasarkan perbedaan ras, kelas sosial, etnis, usia, ketidakmampuan, obesitas, agama, orientasi sosial, atau karakteristik personal lainnya. Prasangka inilah yang kemudian dapat mendorong terjadinya perilaku terbuka, seperti konflik.

Pembedaan IPA kontra IPS memang baru sebatas stereotipe. Akan tetapi sungguh disayangkan jika stereotipe yang jelas-jelas berasal dari sebuah asumsi berkembang luas di institusi pendidikan dan terus bertahan sejak belasan dan mungkin saja puluhan tahun silam.

Katakan jika memang benar anak-anak IPA lebih pandai secara akademis, sementara yang masuk ke IPS adalah anak-anak yang tergolong nakal, patutkah stereotipe dibiarkan semakin berkembang? Atau mungkinkah justru metode mengajar di kelas IPA dan IPS yang harus dibenahi?

Toh, kita semua tahu anak-anak di kelas IPA memang dituntut memiliki logika matematis yang lebih tinggi, sementara anak-anak IPS harus dibiasakan untuk mengobservasi, menganalisis, serta menulis. Jelas berbeda.

Sebagai guru, saya menyayangkan ada rekan kerja saya yang mengkotak-kotakkan kedua bidang studi ini berdasarkan stereotipe. Ilmunya jelas beda. Jika anak-anaknya memang harus berbeda, maka biarkanlah berbeda. Ini yang menjadikan dunia pendidikan berwarna.

Tak semua anak harus jadi dokter atau arsitek. Biarkan mereka menggapai angan menggeluti dunia yang belum pernah atau tidak banyak dijelajahi. Menjadi arkeolog, sejarawan, peneliti, atau penulis. Biarkan mereka menjadi diri mereka sendiri tanpa harus merasa diadili.

Comments

Popular posts from this blog

Tiga Dara SMA Global Prestasi Raih Juara di E-Subscribe 2020

  Pandemi ternyata tidak menyurutkan semangat siswa-siswi SMA Global Prestasi untuk meraih juara dalam kompetisi. Tiga siswi ini mampu membuktikannya. Mereka adalah Filadelfia Debora Paulina (Fia) dari kelas XI Science 2, Morietnez Azra Mashuri (Morie) dari kelas XI Social 1, dan Gita Pertiwi Wandansari (Gita) dari kelas XII Social 2. Ketiganya meraih gemilang di kompetisi daring yang diselenggarakan oleh SMAK Penabur Summarecon Bekasi, E-Subscribe 2020. Hari Sabtu, 7 November 2020 lalu, tiga dara yang mewakili SMA Global Prestasi ini resmi diumumkan sebagai pemenang melalui channel Youtube resmi SMAK Penabur Summarecon Bekasi. Fia dan Morie berhasil meraih prestasi di Lomba Cover Lagu, yaitu Fia sebagai juara 1 dan Morie sebagai juara 2. Dalam video yang dikirimkan untuk lomba, Fia menyanyikan lagu Manusia Kuat milik Tulus, sementara Morie membawakan lagu Tundukkan Dunia yang dipopulerkan oleh Bunga Citra Lestari. Penentuan juara ini dilakukan lewat seleksi dewan juri dan jug...

Boyband-Boybandku

Minggu pagi ini usai mengudap camilan dan menyeruput segelas teh manis hangat sambil menikmati geliat ikan-ikan kecil di kolam, saya memutuskan untuk sedikit berolah raga. Di dalam rumah tentunya, karena cuaca pagi ini sedikit mendung dan menyisakan kubangan-kubangan kecil dari hujan semalam. Menu olah raga ini tak istimewa, hanya senam ringan di depan televisi ditemani lagu-lagu dari kanal Youtube.  Boyband 1990s songs,  tulis saya di mesin pencari. Lantas keluar deretan video musik dari berbagai grup yang populer kala saya masih berseragam putih biru dan putih abu-abu. "Jadul dan membosankan," ucap anak bungsu saya yang baru beranjak 10 tahun. Enak saja, batin saya. Anak kecil ini tak tahu betapa gandrung ibunya pada boyband-boyband ini. Poster-poster yang menghiasi kamarnya, kaset yang dikoleksi hingga lengkap, dan majalah remaja yang tak pernah dilewatkan tiap minggu demi membaca berita maupun mendapatkan bonus pin para jejaka biduan ini. Sama sekali tidak membosankan. Me...

Merayakan Keberagaman Budaya dan Kekayaan Bahasa

Sudah menjadi tradisi bagi Global Prestasi Senior High School merayakan dua hari besar, Sumpah Pemuda dan Pahlawan, setiap tahunnya. Mengingat dua hari tersebut terpaut tak terlalu jauh, maka perayaannya pun dipadukan menjadi satu. Di sekolah ini, kami menamainya sebagai Bulan Bahasa. Sebuah perayaan yang mengusung keberagaman budaya dan kekayaan Bahasa di Tanah Air. Bulan Bahasa tahun ajaran 2014/2015 jatuh pada hari Selasa, 11 November lalu. Perayaan ini berlokasi di area Senior High School dan ditutup dengan acara puncak di Sport Hall. Perayaan berlangsung sejak pukul 07.00 hingga 15.30. Bertindak selaku penanggung jawab kegiatan adalah Mrs. Anitya Wahdini, S.Sos. Bulan Bahasa 2014 kali ini menjadi cukup istimewa karena diawali dengan serah terima pengurus OSIS, dari OSIS angkatan 8 yang diketuai Jauharah Dzakiyyah (XII Science3) ke OSIS angkatan 9 yang dikomandoi Hinggista Carolin (XI Science3). Jadi, Bulan Bahasa sekaligus menjadi debut OSIS angkatan 9 dalam unjuk gig...