Skip to main content

Democracy is... not in this election!

Tak perlu selamanya mengukur keberhasilan Pemilu suatu negara dalam belajar berdemokrasi. Melalui skala kecil pun, demokrasi bisa dipelajari. Karena saya adalah seorang guru yang menghabiskan lebih dari setengah hari saya di sekolah, maka proses pemilihan ketua OSIS mungkin adalah bentuk pemilu dan demokrasi yang terdekat dengan saya.

Kebetulan bulan Agustus ini, murid-murid saya, terutama mereka yang duduk di kelas 11, tengah disibukkan dengan bursa pencalonan ketua OSIS. Tak dapat dipungkiri, ketua OSIS adalah jabatan yang cukup prestisius di kalangan murid. Tak hanya ia akan menjadi murid nomor satu di sekolah, ia juga akan dinilai sebagai murid berprestasi jika OSIS yang dipimpinnya pun berprestasi.

Entah bagaimana alam sudah mengaturnya sedemikian rupa, masa pemilihan ketua OSIS ini bertepatan dengan materi Budaya Demokrasi yang saya ajarkan di kelas saya. Jadi sedikit banyak, anak-anak ingin mempraktikkan partisipasi politik dan pemilu melalui pemilihan ketua OSIS ini. Mereka cukup antusias.

Namun bukan demokrasi namanya jika bukan tanpa hambatan. Bahkan di sekolah yang semestinya tak sekompleks negara, hambatan pun masih saja ada. Anak-anak – dan saya pribadi – cukup kecewa dengan mekanisme pencalonan ketua OSIS yang tahun ini berjalan tidak transparan. Tiga calon ketua ditunjuk melalui proses yang tertutup, hanya oleh pembina osis dan student affair. Persyaratannya apa, saya maupun anak-anak tak ada yang tahu.

Jika dilihat, ketiga calon ini memang adalah sisiwi-siswi kompeten. Kebetulan ketiganya adalah perempuan. Tidak ada calon laki-laki tahun ini. Secara akademis, ketiganya tak diragukan lagi. Mereka adalah pemegang peringkat 5 besar di kelasnya masing-masing tahun lalu. Secara non-akademis, cukup lumayan, akan tetapi tak ada yang terlalu istimewa. 

Hal yang paling membuat kecewa adalah mekanisme perekrutan calon ketua OSIS yang sejak awal sudah membingungkan. Betapa tidak. Setiap wali kelas 11 diminta menunjuk 2 anak yang menurutnya terbaik di kelas masing-masing dan layak dicalonkan sebagai ketua OSIS. Cara perekrutan seperti ini saja sudah cukup bias dan cenderung subyektif. Meski kapabilitas tiap wali kelas tak diragukan, namun faktor like dan dislike masih mungkin terjadi melalui cara ini.

Selanjutnya, 10 calon ini (ada 5 paralel kelas 11) diminta mengisi form yang memuat prestasi mereka, motivasi, dan segala bentuk persyaratan serupa lainnya. Setelah itu, pembina OSIS dan student affair mungkin berembuk dan akhirnya memutuskan 3 calon terbaik versi mereka berdua. Ini juga cenderung subyektif karena sejak awal tak diumumkan apa saja kriteria pencalonan ketua OSIS. Akibatnya, timbul berbagai prasangka di benak anak-anak.

Beberapa anak merasa perlu mempertanyakan pencalonan ini. Mereka yang tak terpilih juga bertanya-tanya apa saja kekurangan mereka dibandingkan ketiga temannya yang terpilih. Padahal yang tak terpilih, dalam pandangan saya, beberapa di antaranya justru memiliki jiwa kepemimpinan, pengalaman organisasi, dan motivasi yang lebih kuat dibandingkan 3 calon yang terpilih ini. Tak semua dari 3 calon ini ternyata mau dipilih.

Beberapa anak sempat bertanya kepada saya mengenai mekanisme pencalonan yang tepat jika dikaitkan dengan budaya demokrasi. Tentu sebagai guru yang menerangkan materi ini, saya tak ingin menyalahi konsep, namun di sisi lain saya juga tak ingin menjatuhkan keputusan dua rekan saya, sang pembina OSIS dan student affair.

 Maka saya jawab, mekanisme yang tepat adalah dengan melakukan open tender. Mekanisme ini ditujukan bagi siapa pun yang memang mau menjadi ketua OSIS dan memiliki visi, misi, serta program kerja yang jelas. Nah, peran dari pembina OSIS dan student affair dalam open tender ini adalah menentukan persyaratan yang diumumkan secara terbuka. Jadi, siapa saya memang bisa mencalonkan diri, asalkan memenuhi syarat. Persyaratannya bisa apa saja, seperti batas nilai rapor minimal, prestasi akademis dan non-akademis, serta motivasi. 

Setelah ada beberapa calon yang masuk, pembina OSIS dan student affair melakukan seleksi berkas. Mana yang tak memenuhi syarat, langsung dieliminasi. Sementara, yang lolos seleksi berkas, bisa melaju ke proses seleksi selanjutnya. Inilah para calon ketua OSIS yang bisa bertanding di ajang pemilihan.

Selanjutnya barulah kita bicara soal kampanye lisan, kampanye tulisan, dan debat visi misi. Saat hari pemilihan tiba, maka saat itulah kita bisa tahu siapa yang menjadi ketua OSIS terpilih. Demokrasi sederhana di sekolah pun bisa terwujud.

Love, 
Miss Tya

Comments

  1. Mampir ya mba Tya :)

    Jadi inget dulu jaman jaman pemilihan OSIS pas SMA, lebih aneh lagi mekanismenya (menurut aku). Calonnya dari ketua kelas dan sekretarisnya dari masing masing kelas 11. Tanpa ada seleksi berkas kampanye dll dll. Jadi yang milih juga aku yakin masih ada faktor 'asal-asalan'

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tiga Dara SMA Global Prestasi Raih Juara di E-Subscribe 2020

  Pandemi ternyata tidak menyurutkan semangat siswa-siswi SMA Global Prestasi untuk meraih juara dalam kompetisi. Tiga siswi ini mampu membuktikannya. Mereka adalah Filadelfia Debora Paulina (Fia) dari kelas XI Science 2, Morietnez Azra Mashuri (Morie) dari kelas XI Social 1, dan Gita Pertiwi Wandansari (Gita) dari kelas XII Social 2. Ketiganya meraih gemilang di kompetisi daring yang diselenggarakan oleh SMAK Penabur Summarecon Bekasi, E-Subscribe 2020. Hari Sabtu, 7 November 2020 lalu, tiga dara yang mewakili SMA Global Prestasi ini resmi diumumkan sebagai pemenang melalui channel Youtube resmi SMAK Penabur Summarecon Bekasi. Fia dan Morie berhasil meraih prestasi di Lomba Cover Lagu, yaitu Fia sebagai juara 1 dan Morie sebagai juara 2. Dalam video yang dikirimkan untuk lomba, Fia menyanyikan lagu Manusia Kuat milik Tulus, sementara Morie membawakan lagu Tundukkan Dunia yang dipopulerkan oleh Bunga Citra Lestari. Penentuan juara ini dilakukan lewat seleksi dewan juri dan jug...

Boyband-Boybandku

Minggu pagi ini usai mengudap camilan dan menyeruput segelas teh manis hangat sambil menikmati geliat ikan-ikan kecil di kolam, saya memutuskan untuk sedikit berolah raga. Di dalam rumah tentunya, karena cuaca pagi ini sedikit mendung dan menyisakan kubangan-kubangan kecil dari hujan semalam. Menu olah raga ini tak istimewa, hanya senam ringan di depan televisi ditemani lagu-lagu dari kanal Youtube.  Boyband 1990s songs,  tulis saya di mesin pencari. Lantas keluar deretan video musik dari berbagai grup yang populer kala saya masih berseragam putih biru dan putih abu-abu. "Jadul dan membosankan," ucap anak bungsu saya yang baru beranjak 10 tahun. Enak saja, batin saya. Anak kecil ini tak tahu betapa gandrung ibunya pada boyband-boyband ini. Poster-poster yang menghiasi kamarnya, kaset yang dikoleksi hingga lengkap, dan majalah remaja yang tak pernah dilewatkan tiap minggu demi membaca berita maupun mendapatkan bonus pin para jejaka biduan ini. Sama sekali tidak membosankan. Me...

Merayakan Keberagaman Budaya dan Kekayaan Bahasa

Sudah menjadi tradisi bagi Global Prestasi Senior High School merayakan dua hari besar, Sumpah Pemuda dan Pahlawan, setiap tahunnya. Mengingat dua hari tersebut terpaut tak terlalu jauh, maka perayaannya pun dipadukan menjadi satu. Di sekolah ini, kami menamainya sebagai Bulan Bahasa. Sebuah perayaan yang mengusung keberagaman budaya dan kekayaan Bahasa di Tanah Air. Bulan Bahasa tahun ajaran 2014/2015 jatuh pada hari Selasa, 11 November lalu. Perayaan ini berlokasi di area Senior High School dan ditutup dengan acara puncak di Sport Hall. Perayaan berlangsung sejak pukul 07.00 hingga 15.30. Bertindak selaku penanggung jawab kegiatan adalah Mrs. Anitya Wahdini, S.Sos. Bulan Bahasa 2014 kali ini menjadi cukup istimewa karena diawali dengan serah terima pengurus OSIS, dari OSIS angkatan 8 yang diketuai Jauharah Dzakiyyah (XII Science3) ke OSIS angkatan 9 yang dikomandoi Hinggista Carolin (XI Science3). Jadi, Bulan Bahasa sekaligus menjadi debut OSIS angkatan 9 dalam unjuk gig...